Jumat, 29 September 2017

Keunikan Manusia

Pada dasarnya manusia itu makhluk sosial dan tidak bisa hidup individu. Jangan sombong kalau anda menyangka anda bisa hidup sendiri. Banyak hal yang anda butuhkan dari segala kebutuhan dan kelengkapan hidup anda. Anda percaya? Maka bersosialisasilah anda dengan lingkungan anda. Sifat individual itu buruk bagi kehidupan. Hanya sifat kemandirian anda terbentuk untuk kesiapan disaat anda menjadi sebatang kara. Itu berarti anda bukan penganut individualism tapi karena mendapatkan hasil dari sosial anda. Seperti pengalaman pengalaman anda yang sudah terakumilasi dikehidupan anda.

Apa hubungannya dengan keunikan Manusia? Pada dasarnya manusia tercipta berbeda, entah itu kembar identik tetapi masih memiliki perbedaan. Tuhan maha adil dan sempurna dalam menciptakan setiap hamba hambaNya. Tidak memandang ini kesayangan saya atau ini bukan kecintaan saya, mungkin kalau dibahasakan dengan manusia jaman sekarang.

Manusia yang unik terbentuk oleh manusia sebelumnya. Mengapa karena pada dasarnya manusia lahir akan di bentuk karakter oleh orangtuanya. Ijinkanlah mereka tumbuh dengan keberadaannya sebab itu sangat tidak mudah untuk langsung dirubah atau malah tidak sama sekali dirubah. Namun, bukan berarti kita sebagai pendamping kehidupan dalam kemanusiaan membiarkan hal hal yang buruk mengantar mereka ke suatu masalah yang merugikan banyak orang, menyebabkan keburukan bagi kehidupan lain. Wujud dari terbentuknya norma sebagai manusia yang berbeda dari makhluk lain adalah akal dan hati.

Jadi menurutmu, manusia yang unik seperti apa?

0 komentar:

Posting Komentar

Biasanya kesempurnaan bila ada tambahan, so beri komen ya buat kesempurnaan blog ini... :)