Selasa, 07 Desember 2010

entah dalam bentuk seperti apa kesabaran

Manusia itu harus bersabar, entah dalam bentuk seperti apa kesabaran dari penerimaan masalah yang ada : sosial, ekonomi, politik, SARA atau keyakinan. Kesabaran adalah hasil sebuah kemenangan. Kesabaran adalah sebuah pelatihan untuk menghindari ke-emosional. Kesabaran adalah sebuah keberuntungan untuk mendapatkan sebuah ke-niscaya-an pahala yang besar.

Menggabungkan pikiran dan hati adalah sebuah jalan proses panjang untuk menjadi sabar. Banyak orang bilang mem-praktek-kannya kesabaran itu punya batas. Benar demikian kesabaran mempunyai batas? Atau manusianya saja yang tak bisa mengendalikan hawa amarah dan nafsunya untuk sejenak menerima statement pedas.

Memang benar adanya, didunia mana pun manusia tak mau dirinya dilecehkan, direndahkan, difitnah atau sesuatu yang lainnya yang merasa dirugikan hingga menimbulkan gejolak untuk bisa melawan. Yang pasti kesabaran adalah butuh keikhlasan untuk menerima sesuatu yang lainnya seperti hal di atas. Sabar bukanlah sesuatu yang di agungkan. Sabar juga bukan diwajibkan untuk diikuti karena sabar merupakan salah satu sifat manusia. Dan kembali lagi ke manusia itu bahwasanya manusia itu tiada yang sempurna. Jadi, pantaslah bila kesabaran itu memang ada batasnya!.
01 November 2010 jam 17:36

0 komentar:

Posting Komentar

Biasanya kesempurnaan bila ada tambahan, so beri komen ya buat kesempurnaan blog ini... :)